Mengendalikan Masalah

Diposting pada

Bismillah hirrohmanirohim,

Mengendalikan Masalah
Mengendalikan Masalah

Sering kita mendengar curhatan dari teman kita tentang kehidupan ini. Bahkan ada teman saya yang mengatakan “Kenapa ya hidup ini kok berat sekali?”. Atau bahkan kita sendiri yang mengalami hal seperti itu, paling tidak pernah mengalaminya. Bahkan seorang filsuf besar (jangan tanya siapa namanya, hehehe…) mengatakan “Life is suffering, Hidup adalah penderitaan”. Betul jugasih, segala sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan kita, akan membuat kita menderita.

Tentunya kadar penderitaan setiap orang berbeda. Tergantung keihklasan dan cara pandang kita terhadap masalah tersebut. Kalau menurut penjelasan saudara saya seperti ini,

Kehidupan diibaratkan air dan masalah itu ibarat garam dan hati kita adalah wadahnya, semakin besar wadah yang kita sediakan maka air garam itu mungkin tidak berasa. Tetapi kalau hati yang kita sediakan untuk masalah itu sebesar cangkir, mungkin air garam itu akan terasa asin sekali.

Untuk itu, selayaknya kita harus belajar dan terus belajar untuk memperluas wawasan kebijaksanaan. Supaya jangan sampai masalah mengusai kita, justru kita harus bisa mengendalikan masalah itu. Sehingga masalah yang datang tidak kita anggap sebagai penderitaan, akan tetapi masalah itu menjadi bagian dari hidup yang harus kita jalani.

Jadi, jadikan masalah itu sebagai tantangan yang harus kita taklukkan.

Incoming search terms:

masalah (14)

12 thoughts on “Mengendalikan Masalah

  1. renungan dan nasehat yang tepat utk stiap org yg sedang bergumul

    Ini saya tulis untuk menasehati saya juga, makasih kunjungannya mbak debby

  2. blognya seru. kata orang pinter, masalah hanya sementara. dia permanen bagi yang menganggapnya demikian.

    Makasih atas kunjungannya dan makasih kata orang bijaknya.

  3. hidup tanpa masalah pasti sepi mas n saya gk pengen kesepian.hihihihi

    Betul kang, setiap orang pasti punya masalah sendiri2

  4. yang pasti Allah SWT tidak akan memberikan cobaan (baca:masalah) diluar kemampuan seseorang.

    jadi harus semangat dan selalu optimis
    setiap masalah pasti ada jalan keluarnya

    semangadd!!

    Makasih gan atas motivasinya, “

    SEMANGAT”

  5. Saya selalu percaya bahwa masalah datang sesuai dengan kapasitas kemampuan kita. Di Alqur’an Allah jg sudah menyebutkan itu.

    Hanya kitanya yg kurang sabar dan tabah dalam proses penyelesaiannya. pun kita sering melupakanNYA dalam proses mencari solusi.

    Suatu kehormatan tersendiri bagi saya, karena Mas Arief bersedia singgah di blogku yang newbie ini, Makasih Mas Arief. Betul mas, seharusnya kita bisa selalu mengambil hikmah dibalik semua masalah.

  6. masalah itu bagian dari hidup, mau hidup yah harus mau terlibat dengan masalah, kalau gak mau ada masalah yah gak usah hidup karena selam kita hidup kita pasti akan dihadapkan dengan masalah demi masalah 🙂

    yg terpenting kita harus senantiasa belajar menjadi lebih baik dalam memecahkan masalah kita hari demi hari 🙂 salam kenal mas herinoto 😀

    Betul mas Arif. Kenal balik mas

  7. postingannya pas bgt dengan keadaan sy saat ini -_-” hikss hiks

    Setiap sesuatu pasti ada hikmahnya. Jangan nangis donk, Semangat… Saya pasti bisa.Yes…

  8. saat aq membaca artikel ini jujur aq hampir menangis..tapi malu ama anakku.yah mungkin karna wadah yang ku sediakan kurang besar akhirnya rasa asin itu sangat terasa bagiku..makasih ya artikelnya sangat berkesan untukku..salam kenal pendatang baru dari poso sul-teng.

    Makasih kembali Pak Achmad, intinya adalah kita harus bisa menyediakan tempat yang super gede, agar masalah itu terasa kecil. Kenal balik Pak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *