zAkat

Diposting pada

Cuma 2,5%
Cuma 2,5%

Dari pada bengong gak ada gunanya ya mending aku nulis. Setelah menjemput anakku yang baru TK nol kecil. Saya diberi selebaran tentang zakat, seleberan itu berasal dari DPU (Dana Peduli Umat). Disitu ada beberapa keterangan mengenai zakat. Ya akhirnya saya tulis balik, ya itung-itung untuk menyebarkan ilmu sekalian ngisi blogku yang akhir-akhir ini kurang terurus.

Secara bahasa, zakat berasal dari bahasa Arab az-zakah yang berarti:suci. Bersih, tumbuh, berkembang, bertambah, subur, berkah, baik dan terpuji. Sedangkan menurut definisi zakat adalah sejumlah harta yang wajib dikeluarkan dan diberikan kepada meraka yang berhak menerimanya, apabila telah mencapai nisab tertentu dengan syarat-syarat tertentu pula.

Sebagai salah satu rukun Islam, zakat senantiasa disebutkan berdampingan dengan kewajiban sholat dibergai ayat Al-Qur’an. Perintah dalam hal berzakat banyak terdapat di dalam ayat-ayat Al-Qur’an, diantaranya :

“…dan dirikanlah sholat, tunaikan zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah dengan pinjaman yang baik…”(QS.73:20)

“…Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu…”(QS.2:267)

Abu Bakar RA berkata: “Demi Allah saya akan memerangi orang-orang yang memisahkan antara kewajiban zakat dengan kewajiban sholat”.(HR.Al Jama’ah).

Hemmm… kira-kira apa ya Syarat-syarat Zakat itu? Langsung aja dech ke TKP.

2 thoughts on “zAkat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *