hIKmAh zAKat

Hikmah Zakat

Hikmah Zakat

Karena kesibukan yang gak bisa ditinggal akhirnya saya baru sempat meneruskan tulisan masalah zakat. Kali ini saya akan mencoba menulis, apa aja sih hikmah dari zakat itu? Oh iya bagi soba yang belum apa itu zakat bisa kesini, dan apa aja syarat2 zakat bisa kesini.

Ok, langsung aja ke hikmah zakat:

  1. Pembersih diri dan harta dari segala sifat-sifat kikir, bakhil dan sejenisnya. (QS.9:103).
  2. Mendapat pahala yang besar (QS.4:162).
  3. Zakat membersihkan harta. “Allah SWT telah menjadikan zakat itu sebagai pemberish bagi harta”. (HR. Bukhari).
  4. Orang yang berzakat termasuk dalam 7 golongan yang dinaungi Allah SWT di hari kiamat. “Ada 7 golongan yang akan dinaungi Allah pada hari kiamat kelak”… (salah satu diantaranya) adalah orang yang bersedekah dengan merahasiakannya agar keikhlasannya terjaga”. (HR. Bukhari).
  5. Merasakan cita rasa iman. “Ada tiga hal, barang siapa yang melakukan tiga hal itu, niscaya dia merasakan cita rasa iman:…(salah satunya) ialah mengeluarkan zakat hartanya dengan hati yang baik dan ikhlas…” (HR. Abu Daud).
  6. Menumbuhsuburkan harta (Semakin bertambah dan berkembang). (QS.2:261).
  7. Membantu meringankan bebean kaum fakir/miskin. “Allah SWT mewajibkan bagi orang-orang kaya muslim agar mengeluarkan sebagian harta mereka untuk membantu fakir miskin diantara mereka. Para fakir miskin tidak akan mempu berjihat dalam keadaan lapar kecuali mereka dibantu orang-orang kaya yang ada diantara mereka…”(HR. Thabrani).
  8. Zakat memelihara harta orang kaya. “Peliharalah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit dengan sedekah dan tolaklah bala’ dengan do’a”. (HR. Thabrani dan Ibnu Mas’ud).

Itulah 8 dari sekian banyak hikmah dari berzakat, jika masih ada mohon kiranya sobat bisa menambahi dan silahkan tulis dibagian komentar.

Incoming search terms:

hikmah zakat (1113),hikmah mengeluarkan zakat (82),hikmah berzakat (48),hikma zakat (46),hikmah zakat mal (24),apa hikmah ibadah zakat (1),hikma zakat dan ifutei (1),Hikmah dan manfaat zakat bagi mustahiq (1),hikmat zakat (1)

No related posts.